6 Jenis Alat Keamanan Mobil Ini Wajib Anda Pasangkan Pada Kendaraan Anda

alat keamanan mobil

Belakangan ini memang sangat marak tindak kejahatan yang terjadi untuk mencuri kendaraan yang di parkir di luar ruangan. Jenis sendiri bervariasi mulai dari motor yang paling banyak hingga mobil yang nilainya memang sangat mahal, jadi hati-hati ada baiknya jika Anda memasangkan alat keamanan mobil untuk menghindari hal-hal tersebut. Sebenarnya bukan hal yang baru lagi bagi beberapa orang yang memasangkan alat pengaman tersebut, mengingat sebenarnya ia tak hanya berfungsi dalam mencegah terjadinya pencurian saja, melainkan juga keselamatan diri Anda sendiri.

alat keamanan mobilJenis sangat banyak, mulai dari yang nantinya dipasangkan sebagai alarm tanda bahaya, memasangkannya sebagai pengaman jendela atau kaca hingga yang berfokus untuk kenyamanan pengendara mobil tersebut. Biasanya untuk pengendara yang sering kali memarkirkan kendaraan semaunya dan juga menggunakan jalan atau alternatif yang paling ramai dan sering terjadi tawuran alat-alat semacam ini merupakan bagian yang penting untuk dipasangkan pada kendaraan demi keamanan bersama.

Dari sekian banyak jenis alat keamanan mobil, setidaknya berikut ini ada beberapa jenis yang wajib untuk Anda pasangkan pada kendaraan pribadi, diantaranya adalah:

  1. Kunci setir, fungsi utamanya adalah untuk mengunci pergerakan, sehingga nantinya kendaraan tak akan bergerak sendiri ketika ditinggal sebentar keluar. Ia juga menjaganya agar tetap aman dari serangan pencuri. Jenis alat yang satu ini dapat dipasangkan pada kendaraan dengan harga yang bervariatif, namun umumnya biaya sekitar 600an ribu rupiah sudah cukup jika Anda ingin membelinya.
  2. Alarm, mungkin diantara Anda sendiri sudah banyak yang mengaplikasikannya pada kendaraan di rumah, mengingat fungsinya sangat banyak sekali, tak hanya mencegah terjadinya pencurian mobil, melainkan juga membantu Anda yang sering kali parkir di tempat umum dan juga lupa dimana menaruh letak kendaraan, hanya dengan membunyikan alarm tersebut maka secara otomatis kendaraan akan mengeluarkan bunyi untuk mempermudah Anda dalam mengenalinya. Sedangkan sinyal bahaya juga secara mudah dapat dideteksi dengan menghubungkan menggunakan GSM telepon yang dimiliki.
  3. Immobilizer, alat lainnya yang membantu Anda dalam mengamankan mobil dari pelaku pencurian adalah immobilizer ini. Cara kerjanya sangat mudah, yaitu mencocokkan kode kunci yang ada pada mobil dengan yang umum digunakan oleh pelaku kejahatan dalam beraksi, sehingga jika ternyata ia tak cocok, maka bisa secara otomatis mendeteksi keberadaan pencuri. Jika kode ternyata tak sama, maka mobil juga tak akan bisa hidup. Anda tak perlu khawatir nantinya kendaraan akan dibawa kabur.
  4. GPS pengaman, untuk alat yang satu ini fungsinya adalah guna mendeteksi lokasi, dimanakah nantinya mobil tersebut berjalan akan secara otomatis tersambung dengan perangkat teknologi Anda, baik itu laptop maupun smartphone. Sehingga mudah digunakan dalam melacak pelaku pencurian kendaraan tersebut.
  5. Chip kontak, sebenarnya ia bukan jenis alat pengaman utama, melainkan hanya sebagai tambahan saja, sebuah sensor yang fungsinya adalah mendeteksi atau membaca kunci kontak mobil secara khusus. Ia dapat dipasangkan pada kap mobil, sehingga ketika tak cocok maka akan secara langsung mengeluarkan suara alarm tanda bahaya.
  6. Kaca anti peluru, jenis yang satu ini harganya memang lumayan jika Anda ingin menggantinya, namun juga memberikan manfaat sangat besar, umumnya jika Anda berada dalam lokasi bahaya seperti tawuran.

Sangat banyak dengan cara kerja juga beragam, namun pastikan untuk menunjang keamanan Anda harus memasangkannya di kendaraan alat keamanan mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *