Tips Cerdas Beli Mobil Bekas di Balai Lelang

mobil bekas

mobil bekasMobil menjadi salah satu kebutuhan tersendiri untuk beberapa orang. Dengan menggunakan mobil maka bisa melakukan beberapa hal yang lebih misalnya bisa membawa banyak orang dalam sekali jalan. Karena mobil harganya bisa mencapai ratusan bahkan milyaran rupiah, tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk membeli mobil bekas dan salah satu caranya adalah dengan membelinya di balai lelang, tempat dimana Anda bisa mendapati ratusan mobil yang akan di lelang.

Mobil yang ada di balai lelang tersebut berasal dari perusahaan pembayaran, bank, ataupun dari KPK. Ada beberapa keuntungan dan kekurangan membeli mobil second di Balai Lelang, yaitu:

1.Keuntungan:

  • Banyak jenis mobil second yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  • Harga yang lebih murah sehingga Anda bisa menyiapkan budget yang lebih murah dibandingkan jika membeli mobil second di leasing.

2.Kekurangan:

  • Proses yang cukup panjang sehingga Anda butuh waktu hingga berhari-hari sebelum prosesnya selesai termasuk proses balik nama dari mobil yang dibeli tersebut.

Untuk membeli mobil second yang dijual di Balai Lelang, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan mobil yang Anda butuhkan dan inginkan. Pertama adalah cari tahu terlebih dahulu kapan lelang akan diselenggarakan di Balai lelang. Kedua adalah cari tahu mengenai proses dan mekanismenya dari awal hingga ke akhir. Hal tersebut disebabkan karena banyak orang yang mengikuti lelang tersebut, berhasil untuk membeli namun tidak bisa memiliki mobil tersebut dan salah satu diantaranya adalah karena tidak memenuhi persyaratan seperti pelunasan di waktu yang sudah ditentukan.

Ketiga adalah manfaatkan ‘open house’. Open house disini yang dimaksud adalah Anda bebas untuk melihat kondisi mobil secara menyeluruh yang akan di lelang saat hari lelang yang sudah ditentukan. Nantinya, open house akan diselenggarakan selama 3 hari sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk melihat fisik mobil. Untuk mengetahui kondisi kendaraan tersebut, ada baiknya Anda mengajak orang yang tahu mengenai otomotif sehingga Anda bisa mendapatkan mobil yang terbaik dan perkiraan harga yang tepat yang sesuai dengan kondisi mobil tersebut.

Keempat adalah cek buku service dari kendaraan tersebut. Buku service akan menunjukkan riwayat mobil tersebut apakah melakukan perawatan rutin atau tidak. Selain riwayat buku service, cek juga nama kepemilikannya dengan STNK karena siapa tau mobil tersebut pernah digadaikan. Setelah semuanya beres, jangan lupa siapkan dokumen dan juga dana yang akan Anda gunakan untuk membeli mobil bekas yang dilelang di Balai Lelang. Dengan persiapan tersebut, nantinya proses jual beli mobil second di Balai Lelang bisa lebih lancar dan Anda tidak perlu takut lagi jika pembelian mobil second yang memiliki harga murah tersebut gagal karena faktor tertentu, misalnya persyaratan kurang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *