Langkah-Langkah untuk Mencuci Mobil yang Benar

Mobil perlu dicuci secara rutin jika Anda ingin mendapatkan tampilan mobil yang keren dan bersih. Untuk membersihkan mobil, Anda bisa membawanya ke tempat pencucian mobil atau membersihkan sendiri di rumah. Sebelum Anda mencuci mobil, pastikan dahulu jika Anda mencucinya di pagi atau sore hari saat matahari tidak bersinar terik. Hal tersebut bertujuan agar sabun dan air tidak cepat mengering yang bisa menempel dan menyebabkan bintik atau noda yang mengganggu di body mobil.

Siapkan dahulu air sabun, air bersih, semprotan, spons, kanebo. Sebelum Anda memulai untuk membersihkan kendaraan roda empat yang Anda miliki tersebut, sebaiknya siram dahulu mobil dengan menggunakan air bersih. Saat menyiram, usap dengan menggunakan tangan Anda sehingga kotoran dan debu yang menempel pada mobil bisa hilang dan tidak membaret permukaan cat saat air sabun yang akan digunakan nanti disapukan atau di gosokkan ke permukaan mobil.

Bersihkan mobil menggunakan air sabun dan sebaiknya pilih yang mengandung wax. Hindari menggunakan sabun pencuci piring karena kandungannya cukup keras untuk membuat cat mobil menjadi lebih cepat pudar. Masukkan spons bersih ke air sabun dan sapukan ke permukaan mobil. Setelah digunakan, bilas dahulu baru masukkan lagi ke air sabun sebelum di sapukan kembali ke permukaan mobil. Hal tersebut disebabkan untuk menghindari cat mobil tergores karena kotoran yang menempel di spons. Cuci mulai dari atap ke bawah.

Segera bersihkan bagian yang sudah disabuni agar sabun tidak menempel dan menyebabkan noda di mobil Anda karena bahan kimia yang terkandung di sabun mobil Anda. Siram hingga bersih dan keringkan. Bersihkan bagian dashboard dengan kanebo lembab sehingga tetap terlihat bersih. Untuk membersihkan karpet bisa menggunakan sapu dan vacum cleaner. Sedangkan untuk di bagian ban, Anda bisa menggunakan sikat lembut dan sabun untuk membersihkannya dan kemudian mengoleskan semir ban sehingga tampilan ban menjadi lebih menarik dan membuat ban menjadi lebih awet.

Jika mobil Anda memiliki warna putih, pilih sabun mobil yang memiliki kandungan deterjen atau busa yang tidak terlalu banyak agar tidak menyebabkan mobil menjadi menguning. Ketika mencuci, gunakan microfiber wash mitt dibandingkan dengan menggunakan sponge. Bersihkan seperti biasa dan keringkan segera agar air tidak menyebabkan noda yang ada di bagian cat mobil tersebut. Untuk mengeringkannya bisa menggunakan kanebo kering karena bisa menyerap air dengan lebih baik. Pastikan tidak ada air yang menetes karena bisa menyebabkan cat pudar dan menyebabkan jamur. Untuk perlindungannya, agar warna mobil tidak menguning, maka gunakan wax dengan pH 0.3 dan oleskan ke mobil Anda setidaknya 1x dalam 1 minggu. Saat penggunaan, sesuaikan dengan ketentuan atau petunjuk pemakaian karena terlalu banyak bisa menyebabkan pernis car mobil menjadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *