Ini Dia Beberapa Hal yang Menyebabkan Cat Mobil Menjadi Cepat Pudar

Saat melihat mobil pertama kali yang biasanya dilihat atau membuat orang terpukau adalah karena memiliki design dan cat yang bagus. Mobil yang kinclong lebih menarik dibandingkan dengan kendaraan yang berlumpur, kotor dan berdebu. Untuk menjaga agar cat mobil tetap dalam kondisi bagus, maka Anda harus rajin untuk mencuci dan merawat kendaraan roda empat tersebut. Akan tetapi, Anda tetap harus mewaspadai 4 hal berikut karena bisa menyebabkan cat mobil menjadi lebih mudah untuk pudar.

Pertama adalah air. Air dipergunakan untuk mencuci mobil sehingga body mobil kembali bersih. Namun, hal tersebut terjadi jika Anda mencucinya dengan benar. Kesalahan dalam mencuci seperti mencuci di bawah terik matahari yang sedang panas-panasnya ditambah dengan salah dalam memilih sabun cuci mobil dan tidak mengeringkannya dengan benar menyebabkan cat menjadi lebih cepat pudar, belang dan kusam, bahkan tidak sedikit yang muncul jamur. Karena hal tersebut jika mobil basah, misalnya setelah kehujanan, segera siram, bersihkan dan keringkan.

Kedua adalah debu. Debu tidak bisa dihindari apalagi jika menggunakannya di tempat yang banyak debunya misalnya di jalan utama yang ada di perkotaan ataupun di pedesaan dan jalan yang lainnya. Kotoran dan debu bisa dibersihkan dan tidak menjadi masalah untuk cat body namun, kesalahan dalam membersihkan debu yang membandel bisa menyebabkan cat menjadi lebih mudah tergores sehingga body mobil terdapat baret. Untuk membersihkan debu dengan benar, siram air lebih dahulu atau dengan air yang bertekanan sehingga bisa menghilangkan debu tanpa menimbulkan gesekan di permukaan cat mobil.

Ketiga adalah kotoran burung dan serangga. Terkadang saat sedang parkir atau bahkan sedang mengendarai mobil Anda, tidak sengaja burung menjatuhkan kotoran di mobil Anda misalnya di bagian depan. Jika tidak segera dibersihkan maka akan menyebabkan kotoran tersebut susah hilang dan timbul bercak karena dalam kotoran burung dan serangga terdapat kandungan kimia yang bisa bereaksi dengan cat mobil. Anda bisa langsung membersihkannya dengan cairan pembersih mobil yang khusus diperuntukkan untuk membersihkan kotoran serangga dan burung atau bisa menggunakan air.

Keempat adalah getah pohon. Saat memarkir kendaraan di area terbuka dan di bawah pohon untuk menghindari sinar matahari langsung, tidak jarang salah memilih lokasi dimana pohon tersebut kerap mengeluarkan getah. Getah yang berasal dari mobil tersebut bisa menyebabkan body mobil menjadi kurang menarik sebab getah yang menempel di body mobil akan sulit untuk dihilangkan karena lengket apalagi jika sudah mengering. Jika getah tersebut tidak segera dibersihkan dan bahkan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka getah yang menempel tersebut akan bereaksi dengan cat mobil dan menjadi susah dihilangkan bahkan saat body memiliki cat yang sudah dipoles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *