Tips Tepat untuk Kendarai Mobil Ketika Hujan Tiba Agar Tetap Aman

Normalnya, musim penghujan di negara kita jatuh di bulan Oktober sampai Maret di tiap tahunnya. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan membutuhkan persiapan untuk menghadapinya, apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Tidak bisa dipungkiri sekarang ini musuh utama pengendara entah motor atau pun mobil ialah musim hujan. mengendarai mobil ketika musim hujan bisa begitu menakutkan dan berbahaya. Kondisi jalanan yang licin serta drainase yang kurang bagus dan curah hujan yang tinggi akan menjadi kendala tersendiri untuk pengendara. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mengendarai mobil di musim hujan.

Pertama, tekanan udara normal. Memastikan ban mobil memiliki keadaan normal adalah sebuah keharusan, apalagi ketika musim hujan. Agar mengantisipasi hujan turun saat Anda berada di jalan, tekanan udara dalam ban penting agar menghindari mobil melayang ketika di kemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Harus diperhatikan pula, jangan mengambil resiko menggunakan ban mobil yang telah tipis, karena ban yang tipis lebih mudah membuat mobil tergelincir. Bukan hanya ketika hujan, namun ketika cuaca sedang panas atau pun normal.

Kedua, usahakan pandangan tidak terhalang. Walaupun Anda sudah terbiasa serta percaya diri untuk menempuh perjalanan dalam kondisi hujan, tetapi tetap saja melakukan antisipasi dari berbagai macam kemungkinan yang tidak diharapkan harus diperhatikan dengan baik. Berkendara bukan hanya tergantung dari kepiawaian, namun juga harus hati-hati serta melakukan persiapan yang benar-benar dibutuhkan. Oleh sebab itu perhatikan cara aman untuk berkendara ketika hujan. Jangan sampai pandangan mata terhalang. Cara yang dapat Anda lakukan ialah membersihkan kaca mobil bagian depan dan belakang dari kotoran. Anda bisa membawa cairan pembersih maupun air sabun kemana saja Anda pergi. Khusus untuk pembersih kaca, Anda harus selalu siap menyediakannya.

Ketiga, cek seluruh lampu kendaraan. Lampu mobil ketika hujan menjadi media mendeteksi objek di depan kita dan memperjelas pandangan Anda. Cara paling aman berkendara saat hujan ialah memastikan kondisi seluruh lampu mobil berfungsi secara maksimal. Lampu yang harus di cek adalah lampu besar jarak jauh dan dekat. Selain itu periksa juga lampu darurat dan sign. Bagian yang harus di cek seperti pelindung lampu.

Terakhir, jaga jarak kendaraan ketika hujan. Ketika kondisi hujan, bukan hanya licin, konsentrasi menjadi terganggu karena jarak pandang menjadi sangat terbatas. Lebih-lebih bila Anda kebetulan mengendarai mobil saat malam hari atau di siang hari dan terjadi hujan lebat sehingga suasana menjadi lebih gelap. Kondisi seperti ini bisa membuat Anda harus berhati-hati saat berkendara. Jaga kendaraan agar tetap berada di jarak normal, ini adalah tindakan yang tepat ketika berkendara saat hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *