Tips Cerdas untuk Mengenali Tanda-tanda Rem Mobil yang Bermasalah

Rem adalah satu alat yang dapat menghentikan ataupun melambat kan gerakan roda pada kendaraan. Karena gerakan pada roda menjadi lambat, maka otomatis kendaraan juga akan melambat sesuai gerakan roda. Sebuah energi kinetik yang menghilang dari benda yang bergerak, biasanya berubah menjadi panas karena adanya gesekan. Termasuk pada rem regenerative, sebagian energi kinetik ini bisa disimpan serta dipulihkan dalam flywheel, kapasitor, atau dapat diubah juga menjadi arus bolak-balik oleh alternator. Kemudian dilakukan melalui rectifier lalu disimpan kedalam baterai untuk digunakan pada mesin yang lainnya.

Energi kinetik tersebut akan meningkat dengan banyaknya adalah dua kecepatan. Yang dapat diartikan, apabila kecepatan pada kendaraan meningkat dua kali lipat, maka energi kinetiknya akan meningkat sebanyak empat kali lipat. Karena itu rem akan bekerja lebih besar lagi agar kendaraan bisa terhenti dan Anda harus pintar-pintar mengatur jarak sebelum pengereman.

Sistem rem anti terkunci adalah sistem pengereman pada kendaraan mobil agar tidak terjadi adanya penguncian roda pada remnya ketika melakukan pengereman secara mendadak. Sistem ini bisa bekerja apabila pada mobilnya terjadi pengereman yang sangat keras sehingga semua bagian roda atau salah satunya berhenti, sementara itu mobilnya masih melaju. Hal itu akan membuat kendaraan sama sekali tidak terkendali.

Berikut ini tanda-tanda rem pada mobil Anda mulai rusak :

  • Bagian injak-an pedal rem, apabila di injak dengan tekanan yang tetap, secara perlahan terasa turun mendalam.
  • Minyak rem yang terdapat didalam tabung master rem seringkali menyusut.
  • Bagian injak-an pedal rem, harus di injak secara berulang-ulang jika ingin menghentikan mobil.
  • Piston when cylinder dan kapiler rem, yang terdapat piston rem bagian belakang seringkali telat atau lambat balik disebabkan karena tekanan minyak master rem sangat kecil.
  • Injak-an remnya atau pedal rem sangat mendalam, sehingga sulit saat melakukan pengereman.
  • Setelan rem yang berada dibawah setir mobil, mengunci sendiri.
  • Rem yang terdapat pada mobil tersebut harus dikocok terlebih dahulu baru bisa melakukan pengereman.
  • Asap knalpotnya berwarna putih, yang disebabkan oleh karet kit master yang bocor. Serta minyak yang terdapat pada rem tersebut ikut masuk kedalam booster, kemudian sampai ikut terbakar

Itulah beberapa tanda jika rem mobil Anda mulai rusak. Pastikan bahwa memeriksanya secara berkala, misalnya seminggu sekali atau bahkan dua hari sekali. Agar mesin yang terdapat pada mobil Anda tetap dalam keadaan stabil. Sehingga tidak akan mengganggu perjalanan Anda beserta keluarga. Rem adalah salah satu bagian mobil yang sangat penting. Karena akan mengatur saat ingin memberhentikan mobil. Jika remnya rusak, kemungkinan saat ingin memberhentikan kendaraan akan mengalami kesulitan. Dan akibat yang paling fatal adalah terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *