Tips Cerdas Mengatasi Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mobil Tua

Mobil adalah jenis kendaraan yang rentan dengan kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Apalagi jenis mobil yang sudah tua. Dan kerusakan yang seringkali terjadi adalah pada mesin dalamnya. Dan padahal bagian mesin adalah satu bagian yang sangat penting dalam kelangsungan kinerja mobil Anda. maka dari itu, kenali beberapa tanda dari kerusakan mobil Anda tersebut dan carilah solusi untuk mengatasinya.

Kerusakan yang terjadi pada mesin mobil seringkali terjadi karena beberapa hal, seperti pemakaian mesin diluar batas prosedur atau cara pemakaian mesinnya. Maka, sebaiknya jika Anda memang belum mengetahui cara pemakaiannya, bertanya terlebih dahulu pada seseorang yang memang sudah ahlinya atau yang sudah terbiasa menggunakan mobil sebagai alat transportasinya.

Selanjutnya, kerusakan yang biasanya atau kebanyakan di remehkan oleh beberapa orang adalah mengenai batas pemakaian olinya. Jika sudah melampaui batas waktu atau kilometer yang sudah ditentukan sudah terlewat, maka lebih baik segera menggantinya dengan oli yang baru. Agar mobil Anda tidak mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh hal-hal yang sepele.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan pada mobil Anda. diantaranya adalah:

  • Jika terlalu banyak udara yang masuk pada ruang bakar, cara memperbaikinya adalah cek terlebih dahulu pada bagian kedua sisi sambungan maniple yang menghubungkan silinder kop dan karburizing. Setelah itu, setel pada baut yang berada pada pengaturan udara.
  • Chechnya terbuka lebar yang berarti penuh. Sehingga udara yang dihisap sangat sedikit juga bisa menyebabkan busi menjadi basah.
  • Speyer langsam tersumbat. Dan solusinya adalah dengan cara bongkar terlebih dahulu bagian karburizing lalu copot bagian baut jet Speyer, kemudian bersihkan lubang yang terdapat pada bagian Speyer tersebut, dengan menggunakan compressor atau pompa dengan tekanan udara yang tinggi sampai lancar kembali.
  • Bensin tidak mau turun kedalam tangki. Biasanya terjadi karena selang bensinnya tersumbat, juga filter yang terdapat pada selang tersebut kotor, atau bisa saja selangnya terlepas dari maniple.
  • Jika asap yang keluar berwarna putih kehitaman, maka setting ulang karburator nya. Karena pembakaran bahan bakar tidak bisa bekerja secara maksimal, dan tidak sesuai prosedur yang biasanya.
  • Apabila pengapian kurang optimal, untuk bagian kendaraan yang menggunakan CDI non limit maka dianjurkan untuk mengganti spool yang baru.

Itulah beberapa hal yang sering terjadi, yaitu berupa kerusakan pada mobil. Sebenarnya masih banyak lagi kerusakan yang sering terjadi pada beberapa komponen yang terdapat pada mobil. Agar mudah mengetahuinya, solusinya adalah dengan selalu mengeceknya secara rutin. Entah 2 hari sekali atau satu minggu sekali. Atau bisa juga saat ingin digunakan untuk berkendara entah itu jarak dekat ataupun jarak jauh. Karena akan menjamin keselamatan Anda selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *