Rajin Melakukan Service Mobil Secara Berkala Memberikan 4 Manfaat Ini!

service mobil

Siapapun yang memiliki mobil tentu memiliki kebutuhan untuk mendatangi bengkel guna melakukan service rutin maupun sekedar ganti oli. Jadi, jangan menganggap semua mobil yang masuk ke bengkel adalah mobil soak sebab bisa jadi singgah untuk melakukan pengecekan dan pembersihan saja. Kebutuhan service ini dilakukan per 3-5 bulan sekali bergantung pada spesifikasi dan umur dari mobil yang dimiliki. Sangat dianjurkan mendatangi bengkel resmi karena nantinya dilayani mekanik dengan keterampilan memadahi dan disediakan sparepart original buatan pabrik.

Namun tidak semua pemilik mobil memutuskan singgah ke bengkel resmi karena merasa biaya yang dikeluarkan terlalu mahal dibanding bengkel biasa. Dimanapun service ini dilakukan tentu perlu rutin supaya manfaat berikut didapatkan:

  • Hemat biaya setiap kali service,

Service secara rutin bukanlah tindakan pemborosan, melainkan malah sebaliknya karena akan mencegah biaya yang membengkak. Ketika service dilakukan hanya satu atau dua jenis onderdil mesin yang diganti dan biayanya pun lebih terjangkau. Berbeda kalau baru sekali disservice setelah dipakai selama setahun maka ada banyak onderdil yang diganti, sehingga biayanya membengkak.

  • Menjadikan performa mobil terjaga,

Perlahan performa mobil akan mengalami penurunan karena mesinnya sudah cukup tua, dan akan mulai terasa saat umur mobil sudah mencapai angka 5 tahun atau lebih. Service secara rutin akan membantu mengurangi resiko penuaan mesin tersebut sehingga performanya lebih terjaga dengan baik. Tetap akan terasa nyaman diajak melakukan perjalanan jauh tanpa khawatir ada kerusakan dan lain sebagainya. Sebab semua komponennya sudah dicek rutin dan tidak ada masalah, apapun aktifitas dengan mobil inipun akan terasa nyaman.

  • Suara mobil tetap nyaman didengar,

Kerusakan pada mesin karena sudah tua atau mungkin ada beberapa onderdil yang sudah mulai aus biasanya akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Semakin bising maka semakin banyak kerusakan yang dialaminya, tentu dengan catatan kalau di masa awal kepemilikan mobil ini suaranya terbilang halus. Usahakan untuk rajin melakukan service supaya tidak ada sparepart yang rusak parah dan bisa mempertahankan kualitas suara yang dihasilkan. Kemudian mesin pun akan lebih awet sehingga resiko rusak semakin kecil.

  • Menghindari resiko mogok di tengah jalan,

Mogok di tengah jalan adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh mobil tua, kadang juga terjadi pada mobil baru. Ketika mobil baru tiba-tiba mogok maka bisa menjadi pertanda kalau jarang kena service mekanik handal. Resiko ini tentu tidak menyenangkan, apalagi kalau mogok di tengah lampu merah maka dijamin akan merasa malu bukan main. Maka usahakan service rutin dilakukan, tidak perlu takut dengan biaya karena asalkan rutin maka biayanya pun akan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *