4 Cara Menyiasati Harga Jual Kendaraan Bekas Agar Tetap Tinggi

Hadirnya berbagai macam koleksi terbaru produk kendaraan memang membuat konsumen menjadi bingung dalam menjatuhkan pilihan, mengingat setiap merk dan juga tipe memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing. Bahkan jika dilihat semakin kesini produsen juga gencar-gencarnya tawarkan produk berkualitas dengan harga yang murah. Sehingga bisa menjangkau lebih banyak kalangan masyarakat. Beberapa orang bahkan memiliki kecenderungan untuk mengikuti trend setiap tahunnya dengan mengganti kendaraan lama mereka dengan yang baru.

Sudah pasti ada pengeluaran yang harus disiapkan untuk membeli seri terbaru tersebut, namun beberapa orang memang memiliki kecenderungan berbeda, yaitu menjual kendaraan lama mereka untuk kemudian menggunakan uang tersebut dengan sedikit tambahan membeli kendaraan yang baru di pasaran. Hal ini tentunya akan sangat efektif di dalam menekan biaya pengeluaran bukan. Namun juga penting untuk diketahui bahwa harga jual sebuah kendaraan bekas terkadang tak sesuai dengan yang harapkan, nilainya turun cukup tinggi, bahkan bisa sampai setengah persen dari biaya yang pertama kali dikeluarkan untuk membelinya.

Untuk menyiasati hal tersebut, agar nantinya penjual bisa tetap dapatkan harga yang tinggi pada kendaraan bekas tersebut, maka berikut ini cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Memperbaiki kekurangannya terlebih dahulu, hal yang paling banyak mengalami perubahan pada kendaraan ketika dijual adalah dari kondisi fisik, untuk itulah sangat penting merawatnya, jika ada bagian yang bermasalah pastinya akan menurunkan harga jual, karena eksterior menjadi bagian utama yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Jika memang tak banyak yang cacat sebaiknya perbaiki terlebih dahulu, sehingga harga tak akan jatuh terlalu dalam.
  2. Jangan gunakan perantara, memakai orang ketiga sebagai perantara hanya akan membuat penjual menjadi rugi, mengingat masih harus membagi keuntungan yang didapatkan nantinya, untuk itu lebih baik langsung menawarkannya kepada konsumen.
  3. Jangan dijual ke dealer, sebagian orang menganggap akan jauh lebih praktis ketika mobil bekas tersebut ditawarkan ke dealer. Karena pasti akan langsung laku, namun ketahui bahwa dealer ini sangat bermain dengan harga. Tak jarang diantaranya yang menawar dengan nilai sangat murah dan dijual lagi setinggi-tingginya, tentu akan merugikan bukan. Jadi cari alternatif lain sebelum memutuskan menjualnya ke dealer.
  4. Manfaatkan situs jual beli atau iklan lewat koran, sekarang ini banyak alternatif yang memudahkan penjual dalam tawarkan produk mereka, baik itu kendaraan bekas atau yang lainnya. Diantaranya adalah dengan beriklan, layanan iklan gratis yang memungkinkan lebih banyak orang mengetahuinya, jadi kendaraan juga lebih cepat terjual.

Itulah beberapa cara menyiasati penjualan kendaraan bekas agar tetap laku dengan harga yang tinggi, bagaimanapun Anda tetap ingin dapatkan keuntungan dengan menjual kendaraan tersebut, menekan penurunan harga semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *