Inilah Alasan Mengapa Harga Mobil Eropa Bekas Sangat Jatuh di Pasaran

Mobil ciptaan Eropa memang dikenal dengan interiornya yang nyaman dan juga canggih serta sistem keamanan yang menjaminkan dan kualitas mesinnya yang baik membuat kebanyakan konsumen membeli mobil Eropa. Tetapi, jika Anda ingin menjual mobil Eropa yang sudah dipakai sedikit sulit karena berbagai hal. Faktanya, konsumen lebih memilih mobil yang jika dijual kembali masih berharga tinggi. Sedangkan mobil Eropa yang sudah dipakai harganya sangat jatuh di pasarannya. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa mobil Eropa bekas harganya jatuh di pasaran:

  • Peminatnya Kurang

Mobil Eropa baru memang harganya terbilang mahal sekali mengingat fasilitas-fasilitas dan kualitas mesinnya yang sangat baik dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pengemudinya terjamin. Namun karena mahal, banyak konsumen yang tidak tertarik untuk membeli mobil tersebut. Selain itu, mobil buatan negara lain seperti Jepang juga menawarkan mobil yang berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil Eropa. Karena hanya sedikit konsumen yang membeli mobil ini, maka harga jual kembalinya pun tentu akan jatuh sangat signifikan.

  • Boros Bahan Bakar

Tingkat keborosan bahan bakar menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh para konsumen sebelum membeli sebuah mobil. Biasanya mobil dengan cc yang besar memakai bahan bakar yang cukup besar jumlahnya dan tergolong boros. Sedangkan mobil dengan cc yang kecil ini biasanya hanya memerlukan sedikit bahan bakar untuk bisa beroperasi dan tergolong irit. Sebagian besar dari mobil Eropa memiliki cc yang besar karena untuk mempertahankan performa mesinnya dan membuatnya boros bahan bakar. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih suka membeli mobil dengan cc kecil untuk di kota besar seperti Jakarta karena selalu terjadi macet, jadi pengemudi dapat mengirit bahan bakar mereka.

  • Biaya Perawatan yang Mahal

Sebelum membeli mobil, konsumen juga memikirkan berapa biaya perawatan dari mobil tersebut. Mobil Eropa memang sangat bagus tapi harga onderdilnya sangat mahal jika dibandingkan dengan mobil lainnya sehingga biaya perawatannya pun juga mahal. Sedangkan mobil yang paling dibutuhkan masyarakat Indonesia adalah mobil yang nyaman dan tidak mengerusak dompet hanya untuk perawatannya. Ini salah satu penyebab konsumen kurang memilih mobil Eropa sebagai mobil pribadi, bahkan jarang yang mencari mobil bekas dari Eropa ini.

  • Teknisi yang Terbatas

Mobil Eropa menawarkan mesin yang baik dan yang terbaik, namun memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk memperbaikinya jika ada kerusakan dan hal ini cukup merepotkan bagi pemiliknya. Karena sulit, maka tidak semua teknisi di bengkel-bengkel mengerti tentang mesin mobil Eropa, hanya teknisi tertentu saja yang mengerti tentang mesin ini dan biasanya teknisi yang mengerti adalah yang berasal dari bengkel resmi atau dealer resmi mobil Eropa tersebut. Jadi akan sangat merepotkan jika rusak jika jarak dealer resmi jauh dari rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *