Tips Memilih Velg Mobil yang Sesuai dengan Ukurannya

Mobil yang kita gunakan sehari-hari digerakkan oleh mesin dan ban bergesekan langsung dengan permukaan jalan. Ban dan velg adalah dua hal yang saling membutuhkan untuk menggerakkan mobil. Ban tidak dapat langsung digunakan tanpa velg dan velg tidak dapat langsung digunakan jika tidak terdapat ban. Oleh karena itu ban dan velg haruslah saling sesuai ukurannya agar ban mobil dapat bergerak dengan baik.

Untuk mobil biasa, velg yang dipilih harus sesuai dengan spesifikasi. Velg memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) ditetapkan berdasarkan jaraknya yaitu antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya, ukuran PCD tertera pada velg. Selain itu juga offset perlu diperhatikan karena berhubungan ukuran jarak bagian dalam velg dan juga dengan permukaannya dari dudukan velg pada kaki-kaki mobil. Spesifikasi yang lain seperti ukuran dari diameter serta pemilihan lebar dari velg itu sendiri harus sesuai dengan mobil Anda agar tidak melebihi batasan maksimalnya.

Terdapat 2 jenis velg yaitu velg standard dan velg alfamarket.Velg standardyang terbuat dari baja, velg alfamarket terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy, atau magnesium. Gunakan velg yang ringan tetapi berkualitas supaya bobot mobil berkurang. Pemilihan model velg, model velg dapat mengubah tampilan dan gaya mobil. Model yang dipilih biasanya sesuai dengan selera pengguna mobil tanpa mengesampingkan kualitas velg yang dipilih.Velg standard biasanya sering digunakan untuk mobil biasa, namun banyak juga pengguna yang memodifikasi velgstandard menjadi velg yang diinginkan. Walaupun demikian, pemilihan velg untuk mobil harus disesuaikan dengan velgstandard supaya memiliki bobot yang sama dan tidak mengganggu peforma mobil.

Apabila ingin menggunakan velg racing maka perlu memperhatikan kesesuaian velg dengan tipe mobil yang digunakan. Untuk mobil yang berukuran besar, vleg racing yang digunakan adalah model palang dengan ukuran besar dan lebar. Sebaliknya, untuk mobil berukuran kecil gunakan model palang tipis atau kecil. Selain itu juga, diameter velg dan offset juga perlu diperhatikan supaya sesuai dengan mobil. Peforma mobil dapat berkurang apabila velg memiliki diameter yang lebar sehingga memiliki bobot yang lebih berat.

Selain memperhatikan dari segi teknisinya, dari segi biaya juga perlu disesuaikan biaya yang telah dianggarkan. Biasanya velg memiliki kisaran harga yang fantastis dengan model yang bagus serta tahan lama. Mengganti velg biasanya menambah nilai tambah sebuah mobil, bagi pecinta mobil memodifikasi mobil bukanlah hal yang susah karena pada dasarnya pengguna telah menyediakan biaya khusus untuk mobil. Velg mobil akan sangat menentukan peforma mobil, jadi melalui tips inilah pengguna dapat memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu saat memilih velg untuk mobil dan mempertimbangkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti velg mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *