Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat untuk Mobil Anda  

Mobil dapat terlihat tangguh dan memiliki kecepatan tidak hanya didukung oleh mesin yang baik, ban dan velg saja. Tetapi juga oli atau pelumas mesin mobil untuk mendukung tampilan mesin mobil dan juga menghindari kerusakan mesin mobil saat dikendarai. Oli mesin mobil haruslah sesuai dengan jenis mobil yang digunakan. Pemilihan oli mobil juga harus cermat dikarenakan begitu banyak merek oli dengan keunggulan dan kekurangan yang perlu dicermati. Terutama dasar-dasar utama untuk memilih oli mesin yang benar.

Pada umumnya fungsi mobil adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar logam sehingga gerakan mesin lebih halus dan meminimalisir hambatan, oli juga dapat mencegah gesekan kasar yang dapat merusak mesin yang sedang bekerja. Oli juga berfungsi sebagai pelindung mesin dan pembersih. Hal ini dikarenakan oli dapat reaksi kimia logam yang dapat menyebabkan korosi komponen, selain itu juga oli akan membersihkan kotoran-kotoran yang masuk ke dalam mesin karena akan melarut bersama oli dan pada saat pergantian oli maka kotoran tersebut ikut terbuang.

Oli memiliki 2 jenis berdasarkan bahan pembuatnya yaitu oli sintetis dan oli mineral. Oli sintetis merupakan pelumas mesin yang terbuat dari bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Keunggulan dari oli sintetis adalah kemampuannya untuk mengatasi perubahan suhu. Hal ini baik karena dapat melumasi mesin dengan sempurna dalam kondisi apapun. Oli mineral merupakan pelumas yang terbuat dari bahan dasar mineral. Kelebihan oli mineral adalah cenderung stabil dalam suhu tinggi karena kadar penguapan rendah, lebih tahan akan gesekan antar logam mesin dan melumasi mesin dengan baik, memiliki sifat seperti detergen karena dapat membersihkan mesin dan juga lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi. Jenis-jenis oli dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin mobil, namun biasanya oli sintetis sering digunakan untuk mobil baru.

Untuk memilih oli mesin mobil dengan tepat perlu memperhatikan hal-hal dasar diantaranya adalah:

  • Jenis atau karakter mesin mobil, pada manual book telah dijelaskan spesifikasi mobil dan oli yang cocok untuk mobil, hal ini bukan tentang merek oli tetapi kesesuaian mesin dengan kualitas oli yang dipilih.
  • Kekentalan oli, tingkat kekentalan alias viscosity grade ini ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Oli yang tidak sesuai dengan karakter mobil tidak dapat menjaga mesin dengan baik.

Dua hal tersebut sangat penting untuk dijadikan informasi dasar untuk memahami mesin mobil dan pelumasnya. Selain itu juga, hindari oli palsu yang memiliki warna hitam gelap dan pekat serta memiliki bau tengik dan terdapat logam. Oli asli memiliki warna yang jauh lebih kuning jernih dan kental serta tidak memiliki kandungan logam. Mengganti oli secara berkala sangat baik bagi mesin mobil, mengganti merek oli juga dapat dilakukan asalkan sesuai dengan mobil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *