Mesin Diesel vs Bensin, Mana Lebih Baik?

Di tahun 2018 ini, kamu punya keinginan untuk membeli mobil baru. Namun malah bingung antara memilih mobil dengan mesin diesel atau bensin Jangan bingung, artikel ini akan membahas perbedaan tentang mesin diesel dengan bensin, lalu mana yang lebih baik untuk kamu beli sebagai kendaraan sehari-hari. Silakan simak.

  • Mulai dari persamaaesin diesel dan bensin.

Oke, dua tipe mesin ini memann mg sama-sama mesin untuk mobil. Namun, sebaiknya kamu tahu kalau mesin diesel dan mesin bensin itu sama-sama mesin pembakaran dalam alias internal combustion engine. Selain itu, baik mesin diesel dan bensin itu sama-sama bekerja dalam sebuah siklus yang terdiri dari empat langkah, yaitu langkah isap, kompresi, tenaga atau usaha, dan buang. Namun, mesin diesel dan mesin bensin ini memiliki sejumlah perbedaan.

  • Jenis bahan bakar yang digunakan

Ya, ini jelas berbeda. Mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, sedangkan mesin bensin menggunakan premium atau pertamax. Mengapa begitu? Jadi, bahan bakar untuk mesin bensin lebih mudah menguap dan memiliki titik nyala api yang rendah, atau sekitar minus 43 derajat celcius. Jadi ia mudah terbakar bila terkena percikan api kecil saja. Sementara itu, bahan bakar diesel sulit menguap dan memiliki titik nyala api antara 52-96 derajat celcius. Jadi wajar jika mesin diesel itu lama untuk panasnya.

  • Beda pada langkah hisapnya

Untuk menghasilkan tenaga gerak berupa putaran pada mesin, pada mesin bermotor baik pada mobil atau motor dilakukan beberapa tahapan proses yang disebut langkah hisap. Langkah Hisap ini untuk menghisap campuran bensin atau solar dan udara ke dalam silinder ketika piston bergerak
turun. Pada langkah hisap di mesin diesel, katup masuk (intake valve) mengalirkan udara bersih ke dalam ruang bakar. Sementara pada langkah hisap di mesin bensin, katup masuk mengalirkan campuran udara dan bensin.

  • Langkah kompresinya juga berbeda

Sedangkan, untuk langkah kompresi yang terjadi di dalam ruang bakar ketika piston bergerak naik. Di akhir kompresi ini dilakukan penyalaan oleh busi atau kompresi, agar gas terbakar. Pada langkah ini di mesin diesel yang dikompresi adalah udara saja. Sementara pada mesin bensin yang dipadatkan adalah campuran udara dan bahan bakar.

  • Rasio kompresi yang berbeda

Rasio kompresi pada mesin pembakaran dalam atau mesin pembakaran luar adalah nilai yang mewakili rasio volume ruang pembakaran dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil. Ini adalah spesifikasi mendasar bagi hampir semua mesin pembakaran umum. Rasio kompresi mesin diesel lebih tinggi dibanding mesin bensin. Contohnya Suzuki Ertiga Bensin kompresinya 10:1 sedang Suzuki Ertiga Diesel kompresinya 16:1. Dan, yang terakhir jadi pembedanya adalah…

  • Langkah tenaga

Pada mesin bensin, proses pembakaran menggunakan busi. Campuran udara dan bensin yang dikompresi ini dibakar menggunakan percikan api dari busi. Nah, pada mesin diesel proses pembakaran tidak menggunakan busi. Udara terkompresi yang suhu dan tekanannya sangat tinggi ini kemudian disemprotkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *