Tips Merawat Mobil dengan Baik Agar Tidak Mudah Rusak

service mobil

Mobil merupakan transportasi yang banyak pilih untuk digunakan dalam keseharian. Tampilan mobil juga menjadi yang utama terutama bagian luar dan dalam yang menjadi pusat kenyamanan mata untuk dinikmati. Selain itu juga perlunya merawat mobil adalah untuk tetap menjaga keawetan sebuah mobil baru maupun mobil lama tau bekas. Perawatan mobil tidak selalu di bengkel, perawatan juga dapat dilakukan sendiri di rumah.

Kelebihan merawat mobil sendiri adalah menghemat biaya untuk ke bengkel, menghemat waktu perjalanan ketika harus ke bengkel, tidak harus menunggu waktu jatuh tempo untuk servis, membersihkan dengan detail pada titik-titik yang tidak dapat dibersihkan oleh montir bengkel. Selain itu juga adanya kesenangan sendiri ketika membersihkan mobil sendiri, menjadi salah satu barang favorit yang perlu dijaga dan juga menjaga keawetan mobil supaya tetap terlihat baru dan kinclong. Kekurangannya adalah tidak dapat membersihkan detail mesin mobil dan servis mobil berkala harus di bengkel.

Untuk merawat mobil supaya tetap terlihat baru dapat dimulai dari langkah kecil, seperti berhati-hati dalam memarkir mobil dan melewati jalan yang sempit. Banyak sekali kejadian yang terjadi saat memarkir mobil seperti menabrak pembatas parkir mobil, bersenggolan dengan motor ataupun mobil dan masih banyak lagi sehingga membuat garis yang berbekas pada cat mobil. Hal ini adalah satu dari beberapa tips yang akan dijelaskan. Hal kecil ini dapat menjadi hal besar apabila terdapat banyak goresan yang ditimbulkan oleh benda runcing atau tajam yang tidak sengaja mengenai cat mobil. Sehingga hal ini sangat perlu diperhatikan.

Merawat mobil juga dapat dilakukan dengan membersihkan cat mobil dengan kain yang sedikit lembab sehingga mobil tampak baru dicuci tiap harinya. Selain juga gunakan penutup mobil bila mobil terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak cat mobil. Pada bagian ban luar mobil, dapat menggunakan pembersih kit supaya tampak lebih mengkilat dan tampak baru. Bagian kaca mobil depan dan belakang juga perlu dibersihkan. Hal ini dapat menggunakan lap bersih dengan sedikit air untuk menghilangkan debu yang menempel.

Setelah membersihkan bagian luar, bersihkan bagian dalam mobil. Membersihkan dashboard dengan kain kering atau kemoceng supaya terlihat bersih dan jauh dari debu. Dibagian depan mobil berikan pengharum untuk mengurangi bau tidak nyaman dalam mobil serta memberi rasa nyaman ketika mengendarai mobil. Pada bagian bawah dalam mobil, gunakan karpet yang mudah dibersihkan. Biasanya karpet yang digunakan berbahan kasar dan mudah kering sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Selain itu juga, untuk membuat tampilan jok mobil terlihat baru gunakan lap kering. Bersihkan hingga ke sudut-sudut tertentu, dapat juga menggunakan penyedot debu. Dengan merawat mobil dari hal yang sederhana ini dapat membuat mobil jauh lebih segar dan enak dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *