Tips Merawat Mobil dengan Maksimal Agar Kenyamanannya Bisa Tetap Terjaga

Untuk saat ini mobil merupakan salah satu kebutuhan tersier untuk sebagian orang. Yang bias kita ketahui untuk mendapatkannya memerlukan jumlah nominal yang cukup banyak. Namun akhir-akhir ini tidak bisa dipungkiri jika mobil juga merupakan kebutuhan primer bagi sebagian orang tertentu, sebut saja misalnya penyedia jasa angkut, pekerja marketing, dan layanan jasa lainnya yang sangat membutuhkan peranan mobil.

Jadi bisa disimpulkan jika mobil merupakan bagian dari mobilitas kerja untuk sebagian orang yang tidak dapat dipisahkan. Melihat dari perannya yang besar untuk memperlancar pekerjaan, tentu harus diimbangi dengan terus menjaga performa mobil itu sendiri. Hal ini bisa dilakukan diantaranya dengan melakukan servis/ pengecekan secara berkala, sehingga jika diketahui ada komponen yang mulai akan rusak atau mungkin tidak layak lagi bisa segera dilakukan penggantian.

Hal ini dikarenakan jika dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari kerusakan pada mobil lebih parah dan membutuhkan dana perbaikan yang tidak sedikit dari perkiraan. Tentunya hal ini perlu dihindari mengingat biaya yang mungkin bisa menghabiskan separuh dari pendapatan kita. Tentunya kita tidak mau bukan, jika di kemudian hari pengeluaran kita membengkak untuk biaya perbaikan mobil. Seperti yang diketahui, setiap pergantian onderdil mobil bias menghabiskan uang untuk perbaikan yang bias dikatakan fantastis. Sebelum melakukan perawatan pada mobil, tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara merawat mobil dengan benar.

Berikut ini tips merawat mobil yang mudah untuk diaplikasikan, yaitu:

  1. Lakukan pergantian oli mesin setiap 5.000 km.
  2. Lakukan filter oli setiap 20.000 km ataupun 40.000 km.
  3. Lakukan pergantian saringan udara secara berkala.
  4. Lakukan pergantian oli gardan.
  5. Lakukan pergantian air radiator dengan tepat.
  6. Lakukan transmisi dengan benar saat pemakaian.
  7. Lakukan servis mobil secara berkala.
  8. Pilihlah bahan bakar untuk mobil dengan tepat

Dengan melakukan perawatan secara rutin tentunya akan berdampak baik bagi si pemakai mobil. Karena selain meminimalkan pengeluaran tak terduga apabila terjadi kerusakan parah, juga berdampak bagi mobilitas kerja si pemakai. Tentunya berbeda antara mobil yang sering dilakukan perawatan dengan yang tidak. Sehingga bisa dipastikan mobil yang lebih terawat lebih membuat nyaman si pemakai dan meningkatkan keamanan dalam pemakaian. Sehingga si pemakai lebih tenang saat mengendarai mobil di jalan.

Untuk yang sering mengabaikan perawatan mobil, jangan kaget jika di kemudian hari mendapati jumlah nominal pembayaran servis mobil yang membengkak dari budget yang dianggarkan, disamping mengurangi tingkat kenyamanan saat pemakaian tentunya. Dan dengan jarangnya melakukan perawatan mobil tentu akan mempersingkat usia mobil, mengurangi performa mobil dimana berpengaruh pada harga jual mobil itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *