Tips Mudah Membersihkan Kaca Mobil Akibat Debu dan Jamur dengan Pasta Gigi

Kaca mobil merupakan salah satu komponen mobil yang utama dalam penampilannya. Kadang untuk perawatan mobil yang satu ini sangat di sepelekan, bila kaca mobil kotor tampilan mobil juga tidak sedap dipandang. Kotor pada kaca mobil dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti debu dan jamur. Setiap kotoran yang menempel pada kaca mobil membutuhkan penanganan yang berbeda satu sama lain sehingga harus diperhatikan penyebab kotornya kaca mobil. Diperlukan sabun khusus yang digunakan untuk mencuci mobil agar kotoran pada mobil dapat hilang. Alternatif lain yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil diantaranya adalah pasta gigi. Selain fungsi utamanya untuk menggosok gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari berbagai macam kotoran yang menempel. Berikut adalah tips membersihkan kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi:

  1. Kaca buram akibat debu. Banyaknya debu yang menempel pada kaca mobil seringkali mengakibatkan kaca mobil menjadi buram dan kurang jelas untuk memandang keluar. Terutama bila musim hujan tiba, air hujan yang menetes dan mengering pada kaca menyebabkan debu semakin banyak menempel di kaca. Cara yang tepat untuk membersihkan kaca mobil yang kotor akibat debu dan air hujan adalah pertama siapkan peralatannya terlebih dahulu berupa pasta gigi dan lap khusus mobil yang bersih. Kedua gosok kaca mobil menggunakan lap dan pasta gigi secukupnya. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih hingga kaca bersih dari sisa pasta gigi.
  2. Kaca berjamur. Jamur yang tumbuh pada kaca mobil bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya adalah sisa air mencuci mobil, debu yang tidak dibersihkan dan lain sebagainya. Cara membersihkan kaca mobil yang kotor akibat jamur bisa dilakukan sebagaimana cara membersihkan kaca mobil akibat debu, yaitu dengan pasta gigi. Cara penggunaannya sederhana pertama basahi kaca mobil yang ditumbuhi jamur dan bersihkan debu dan kotoran lain yang menempel. Kedua oleskan pasta gigi secukupnya pada area kaca mobil yang berjamur. Gosok dengan perlahan hingga jamur terangkat. Selanjutnya bilas menggunakan air bersih hingga kesat. Langkah terakhir adalah lap kaca tadi dengan menggunakan kain yang kering sehingga jamur tidak akan tumbuh lagi. Selain itu banyak bahan lain yang dapat digunakan seperti, tembakau, cuka, bedak tabur dan alkohol.

Membersihkan kaca mobil memang tidak dapat sembarangan karena dapat mengakibatkan kaca tergores. Agar pencucian kaca mobil dapat maksimal, lakukan di tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari. Hal ini untuk menghindari adanya bekas air atau sabun yang mengering sebelum di lap. Jadi tampilan kaca mobil Anda akan mulus tanpa adanya bercak bekas air mengering. Lakukan pembersihan kaca mobil Anda secara rutin terutama ketika musim hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *