5 Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti sekarang ini menuntut banyak orang untuk memilih kendaraan yang tertutup dipakai dalam bekerja, baik itu dengan naik angkutan umum maupun dengan menggunakan mobil pribadi, karena akan jauh lebih aman mengingat kondisi yang tidak bisa diprediksikan, terkadang hujan namun bisa jadi terik, jika kendaraan yang dipakai tertutup pastinya akan jauh lebih nyaman. Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri bahwa berkendara saat musim hujan juga memiliki resiko yang sangat tinggi, jalanan yang menjadi licin, hingga terkadang ditambah genangan air banjir. Tentunya hal ini menjadi musuh utama bagi para pengendara bukan.

Belum lagi beberapa hal lainnya yang memungkinkan mobil jadi lebih mudah mengalami kerusakan. Diantaranya adalah air hujan yang mengenai body mobil, sekarang ini dengan adanya kandungan asam di dalamnya tentu sangat berpotensi untuk menyebabkan pengkaratan pada body kendaraan dan juga kerusakan pada bagian catnya. Belum lagi resiko yang lainnya adalah kemungkinan kerusakan pada onderdil lainnya karena terkena genangan air banjir.

Untuk mencegah hal tersebut, maka ada beberapa perawatan penting yang pastinya harus dilakukan untuk menunjang kondisi atau performa mobil tetap optimal, diantaranya adalah:

  1. Sebaiknya langsung cuci mobil menggunakan air bersih setelah terkena hujan, ini untuk menghindari zat asam menempel terlalu lama pada body kendaraan dan membuat cat pada body mobil jadi pudah dan mudah berkarat. Untuk itu pastikan mencucinya menggunakan air bersih dan juga shampo mobil.
  2. Hendaknya selalu membawa jas hujan pada kendaraan, apalagi ketika tempat parkir mobil saat bekerja kondisinya tidak tertutup dengan atap-atap, melainkan langsung terkena sinar matahari dan air hujan, untuk itu bisa ditutupi dengan menggunakan jas hujan.
  3. Ganti minyak rem setiap digunakan 20,000 km, untuk kemudahannya alangkah baiknya menguras terlebih dahulu minyak rem saat jelas musim hujan, kemudian isi hingga penuh, baru kemudian kuras lagi dan isi setelah memasuki musim kemarau, ini sangat penting untuk memastikan bahwa kondisi rem tetap bisa berfungsi dengan baik.
  4. Ada baiknya untuk melapisi body mobil dengan cairan penetral, cairan yang satu ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi atau yang lebih dikenal sebagai karat. Produknya dikenal sebagai shampo mobil anti karat yang banyak dijual di bengkel-bengkel terdekat, bisa Anda gunakan.
  5. Pastikan kondisi wiper berfungsi dengan baik, begitu juga dengan cairan untuk membersihkannya, sehingga memungkinkan untuk lebih mudah dipakai dalam kondisi hujan atau kotor, kaca bisa kembali lebih bersih.

Sangat mudah, perawatan mobil pada musim hujan satu ini difungsikan untuk menjaga performa mobil tetap bagus apapun kondisinya, apalagi memasuki musim penghujan seperti sekarang ini dimana Anda tentunya tau mobil mudah sekali kotor dan rentan terjadi oksidasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *