Mengenal Tentang Bahan Jok Mobil yang Berkualitas Terbaik

Memperindah tampilan mobil adalah salah satu cara untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Banyak orang setuju bahwa tampilan mobil mampu mempengaruhi suasana hati di jalan raya. Ketika merasa nyaman, Anda tentu dapat berkendara dengan santai dan lebih berhati-hati. Begitu pula sebaliknya, tampilan mobil terutama interior yang tidak nyaman membuat Anda malas berada lama-lama didalamnya. Belum lagi pendingin yang tak begitu berfungsi turut mempengaruhi kenyamanan para penumpang. Alasan inilah yang melatarbelakangi begitu banyak orang mengubah tampilan interior mobil.

Sebelum memutuskan mengubah tampilan interior mobil Anda, sebaiknya cari tahu hal-hal paling mendasar. Salah satunya cara memilih jok mobil yang sesuai dengan selera Anda, pemilik mobil. Ada beberapa jenis jok mobil yang tersedia di pasaran dan paling banyak digunakan, yaitu:

  • Kulit sintetis atau semi kulit

Dipatok dengan harga yang lebih murah, bahan semi kulit pun memiliki pilihan warna yang beragam. Cara perawatan untuk jok berbahan kulit sintetis pun tidak terlalu sulit asal Anda rajin membersihkan kotoran yang menempel. Bahan inipun tak mudah kotor dan tak meninggalkan noda membekas dengan gampang. Untuk membersihkannya pun Anda tak harus bersusah payah, seperti membersihkan kulit asli. Biasanya kulit sintetis atau semi kulit dibandrol dengan harga mulai dari 1,5 – 2 juta untuk mobil berjenis sedan. Sedangkan mobil berjenis SUV membutuhkan dana sekitar 2,5 -3 juta untuk semua kursi mobil. Semakin banyak jumlah kursi di dalam mobil, semakin besar pula dana yang harus Anda persiapkan. Mengingat pilihan warnanya yang sangat beragam daripada jok kulit asli, Anda bisa menemukan warna-warna eksotis sekalipun. Misalnya saja warna merah, orange, atau biru tua yang mendominasi hampir seluruh interior mobil.

  • Kulit asli

Berbeda dari bahan sintetis, kulit asli jauh lebih nyaman dan terasa sejuk saat bersentuhan dengan kulit. Daya tahannya pun cukup panjang, sekitar 5 tahun sebelum membutuhkan penggantian dengan yang baru. Jok berbahan kulit asli umumnya berasal dari kulit sapi yang telah diproses panjang untuk mendapatkan tekstur yang pas. Kelebihannya tentu saja dapat terlihat jelas, terutama saat Anda tengah mengendarai mobil. Warna dari kulit asli terbilang sedikit, sebab mempertahankan warna aslinya. Hanya saja ini cukup menguntungkan untuk Anda yang memang suka dengan kualitas produk kulit asli. Pasalnya warna kulit asli tidak mudah pudar hanya sedikit berkurang akibat gesekan dengan celana. Bahan inipun tak mudah kotor atau robek dalam pemakaian yang normal dan perawatan yang tepat. Sayangnya untuk Anda yang ingin mengaplikasikannya di mobil pribadi, siapkan dana yang sedikit lebih besar. Untuk mobil sedan saja, Anda membutuhkan dana sekitar 3 – 4 juta. Jenis SUV tentu lebih banyak, bisa lebih dari 6 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *