Tips Cerdas Membersihkan Jok Mobil yang Sesuai dengan Jenisnya

Jok mobil memang menjadi salah satu sarana di dalam mobil yang mampu memberikan kenyamanan bagi sang pengemudi mau pun penumpangnya. Untuk menjaganya agar selalu nyaman, maka kondisi jok pun harus diperhatikan, terutama kebersihannya. Jok mobil sangat rentan terhadap kotoran dan berakhir dengan jok yang rusak. Jika demikian, maka jok pun akan memberikan ketidaknyamanan untuk yang memakainya. Untuk itu, Anda harus rajin untuk membersihkannya dengan menggunakan beberapa alat pembersih dan yang mampu untuk mengangkat kotoran serta debu. Namun, membersihkan jok tersebut tidak bisa secara sembarangan. Anda harus mengetahui bahwa setiap bahan jok maka berbeda juga perawatannya. Berikut adalah cara merawat dan membersihkan jok mobil berdasarkan jenis bahan yang dipakainya:

  • Kulit Asli

Mobil-mobil mahal dan juga mewah biasanya menggunakan jok yang berbahan dasaran kulit asli yang berasal dari kulit hewan. Ketika terkena kotoran, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan vacum cleaner. Lalu, usaplah permukaan jok tersebut dengan menggunakan plas chamois yang lembab. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan semprotan cairan pembersih dan menyikatnya dengan sikat gigi yang lembut. Lalu keringkan dengan microfiber yang bersih sebelum cairan tersebut mengering. Biasakan untuk membersihkannya dalam dua bulan sekali dan jagalah kelembabannya dengan mengaplikasikan conditioner dalam tiga bulan sekali. Jangan sampai jok terkena paparan sinar matahari langsung.

  • Kulit Sintetis

Jok yang berbahan dasar kulit sintetis ini memang lumayan sering ditemukan di Indonesia. Untuk merawat bahan ini, gunakanlah cairan pembersih khusus atau jika tidak punya, Anda bisa menggunakan shampoo atau pembersih kaca. Detergen serta alkohol sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak bahan tersebut. Akan sangat disarankan untuk Anda memarkir di tempat yang teduh dan menggunakan sun visor secara rutin dan bersihkanlah setidaknya sebulan dua kali.

  • Soft Fabric

Bahan ini menjadi bahan yang paling sering ditemui di berbagai merek mobil ternama. Untuk menghilangkan debu dan juga kotoran, Anda bisa menggunakan vacum cleaner dan semprotkan sedikit obat pembersih ke tempat yang kotor. Lalu sikat dengan sikat gigi dengan searah dengan permukaannya. Jika sudah bersih, lepas jok dan keringkan dengan menjemurnya, namun tidak boleh langsung terkena paparan sinar matahari. Selain itu, Anda bisa mengeringkannya dengan cara membuka pintu mobil. Selain itu, janganlah Anda membiarkan jok terkena sinar matahari langsung. Jika terkena kotoran, segeralah bersihkan.

Membersihkan jok mobil yang berdebu dan terkena kotoran memang tidak sulit. Namun, untuk cara pembersihannya tidak semuanya sama dan bisa dibersihkan dengan menggunakan sebuah cara. Anda bisa menggunakan cara-cara tersebut untuk setiap bahan yang berbeda. Sering-seringlah membersihkannya agar jok mobil semakin memberikan kenyamanan untuk Anda dan juga penumpang yang turut duduk di jok mobil tersebut merasa puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *