Trik Berkendara Aman dan Hemat BBM di Kondisi Jalanan yang Ramai

Sudah bukan rahasia lagi jika kini masyarakat banyak sekali yang mengincar mobil untuk alat transportasinya. Selain bisa memberikan kenyamanan lebih, memang memiliki mobil bisa jadi gengsi tersendiri untuk para pengendaranya. Meski demikian pertimbangkan juga dalam hal BBM yang harus diisi lebih ketika Anda menggunakan mobil. Kadang masalah BBM ini menjadikan pembengkakan biaya di rumah tangga juga karena terlalu boros, apalagi jika Anda sering bepergian jauh.

Apabila Anda ingin BBM selalu hemat saat pergi jauh, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Saat akan melakukan perjalanan yang jauh memang membawa barang-barang juga biasanya akan sangat banyak. Meski demikian, Anda sebetulnya juga harus paham jika perilaku ini menjadikan muatan mobil pun akan ikut berat yang menjadikan mesin mobil harus kerja dengan keras untuk bisa membawa keseluruhan muatannya. Hal ini pun pada akhirnya berpengaruh juga pada penggunaan BBM yang Anda pakai sehingga mobil butuh tenaga besar.
  • Jika tidak membawa barang yang banyak, masalah lain yang kerapkali muncul adalah dengan membawa penumpang yang terlalu banyak. Masih seperti alasan yang pertama dimana beban banyak akan menjadikan mobil bekerja kian keras untuk bisa dikendarai. Jadi kapasitas penumpang mobil pun hal penting.
  • Selanjutnya adalah cara berkendaranya. Mengendarai mobil haruslah tenang, namun bukan selalu berarti bahwa mobil itu harus dikendarai dengan terlalu pelan. Perhatikan dari segi akselerasi, penambahan kecepatan, mengerem mobil tanpa harus secara mendadak.

Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan yang jauh, maka beberapa tips berikut ini juga akan penting dilakukan sehingga berkendara bisa selalu aman:

  1. Mobil harus sudah dalam kondisi terbaiknya yakni sudah dicek ke montir atau bengkel sehingga telah diservis seluruhnya. Jangan lupa juga jika harus cek ulang ketika ingin melakukan perjalanan yang sekiranya panjang dan berat sehingga menjadikan kendaraan siap sehingga tak ada masalah selama perjalanan.
  2. Tak hanya kondisi dari mobil saja yang harus siap melainkan kondisi pengemudi juga demikian. Pengemudi mobil juga harus siap dengan kondisinya. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya menjaga kesehatan dan istirahat secara cukup sehingga meminimalisir terjadinya mengantuk ketika di perjalanan nanti.
  3. Bawa perlengkapan P3K dimana perlengkapan ini penting sehingga bisa menjadi alat berjaga ketika nantinya ada suatu hal yang tak diinginkan terjadi. Tentunya doa yang dipanjatkan adalah tidak ada apapun terjadi, namun karena segala kemungkinan selalu ada maka ada baiknya untuk bisa berjaga-jaga.

Itulah beberapa tips menghemat bahan bakar kendaraan  yang bisa Anda lakukan selama berkendara dengan mobil sehingga bisa selalu aman. Ketika pengemudi merasa lelah, maka jangan paksakan diri dan lebih baik untuk berhenti dulu sehingga bisa beristirahat agar lelah hilang dan berkendara bisa kian fokus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *