Tips Merawat Mobil yang Jarang Digunakan Agar Tetap Awet

Mobil harus selalu dirawat dengan benar agar tetap awet dan tahan lama. Meski mobil lebih sering menganggur, perawatan tetap harus dilakukan untuk menghindari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi karena jarang dikendarai. Jadi, jangan sampai beranggapan bahwa mobil yang jarang dipakai berarti tidak perlu melakukan perawatan yang rutin sebagaimana bila sering memakainya.

Agar mobil tetap dalam keadaan yang baik meski jarang dipakai, Anda tetap harus merawatnya dengan benar. Berikut adalah tips merawat mobil agar tetap prima untuk Anda:

  1. Pastikan mobil selalu bersih. Meski jarang digunakan, pasti mobil tetap akan berdebu sehingga perlu dibersihkan. Bukan hanya bagian luarnya saja, tetapi bagian dalamnya pun juga perlu dibersihkan dengan benar. Untuk bagian luarnya Anda bisa mencucinya sebagaimana mencuci bila mobil usai digunakan. Untuk bagian dalamnya, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner agar menjaga interior tetap bersih. Bila Anda ingin mobil Anda tetap awet, jangan pernah biarkan mobil Anda kotor terutama dalam waktu yang lama. agar tidak cepat kotor, Anda dapat menutupi mobil Anda dengan cover mobil sehingga debu akan sulit menempel pada body mobil.
  2. Pastikan volume oli cukup. Bila Anda tidak akan menggunakan mobil pada beberapa waktu, sebaiknya cek kondisi oli apakah volumenya memenuhi batas normal. Bila oli tinggal sedikit, Anda bisa menggantinya terlebih dahulu. Dengan demikian mesin mobil Anda akan lebih terawat. Jadi penggantian oli bukan hanya bila mobil digunakan saja, tetapi mobil yang menganggur pun juga perlu jumlah oli yang bagus.
  3. Pastikan ban terawat. Ban juga perlu dirawat agar tidak menerima beban besar ketika mobil lama tidak digunakan. Apalagi ban yang mulai menipis ditambah dengan beban berat yang ditanggungnya, membuat ban akan lebih cepat kempes dan rusak. Body mobil yang harus ditopang ban lama kelamaan akan berpengaruh pada ban sehingga Anda dapat mengakalinya. Gunakan alat yang bisa menopang ban ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang agak lama. tetapi Anda jangan menggunakan peralatan khusus mobil seperti dongkrak. Dongkrak Anda justru akan cepat rusak bila Anda gunakan untuk menahan berat ban dan body mobil. Anda sebaiknya juga memarkirkan mobil pada tempat yang datar sehingga beban mobil akan seimbang dan tidak memberatkan salah satu bagian ban.
  4. Pastikan semua komponen berfungsi dengan benar. Berbagai masalah bisa timbul akibat mobil yang jarang digunakan. Masalah tersebut diantaranya adalah rusaknya rem, wiper, listrik, dan lain sebagainya. Jangan biarkan terlalu lama rem tangan mobil Anda aktif sehingga rem bisa tetap stabil. Anda bisa memberikan pengganjal berupa busa pada wiper sehingga karetnya lebih tahan lama. Agar listrik tidak bermasalah, Anda bisa mencabut kabel akinya dengan benar. Anda dapat memanaskan mesin Anda sekitar 5 menit setiap harinya sambil mengecek bahwa mobil Anda dalam keadaan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *