Ini Dia Beberapa Komponen Mobil yang Sering Bermasalah

Jika Anda merasakan ada yang tidak biasa pada kondisi mobil, seperti mesin terasa bergetar secara tidak normal kemungkinan ada satu atau mungkin lebih komponen mesin pada mobil yang bermasalah. Memang terkadang seorang pengendara mobil tidak mengetahui secara detail komponen dari mobil, sehingga setiap ada kerusakan selalu mempercayakan kepada bengkel yang lebih ahli. Maka dari itu anda harus memperhatikan cara merawat mesin mobil yang benar agar komponennya pun tetap terjaga.

Sebagai seorang yang selalu berhubungan dengan kendaraan yang satu ini, ada baiknya untuk Anda mengetahui berbagai komponen mobil, sehingga saat terjadi kerusakan atau mungkin dibodohi oleh pihak bengkel yang nakal Anda tidak harus mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup banyak di kemudian hari. Komponen dalam mobil bermacam-macam, namun ada beberapa yang sering bermasalah dan perlu untuk Anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Distributor.

Komponen yang satu ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga hasil pengapian ke seluruh komponen penggerak mesin. Jika distributor terganggu maka akan berpengaruh terhadap kerja mesin. Distributor memiliki cara kerja dengan mengarahkan tegangan tinggi dari koil ke masing-masing busi dengan menggunakan platina untuk memutuskan tegangan atau dengan cara memakai komponen elektronika.

 

  1. Koil.

Fungsi dari koil adalah memberikan tenaga listrik pada busi. Koil yang rusak akan menyebabkan proses pengapian tidak berjalan. Ciri-ciri koil yang melemah bisa dilihat dari percikan api berwarna merah, sedangkan untuk kondisi normal warna percikan api seharusnya berwarna putih biru. Cara mengetahui koil yang bermasalah bisa terlihat saat mesin mobil yang akan mati mendadak ketika mesin sudah panas. Tetapi hal ini hanya berlaku pada mobil yang memiliki distributor. Untuk mobil tanpa distributor, pendeteksian bisa terlihat saat mesin yang tiba-tiba bergetar.

 

  1. Busi.

Busi adalah suku cadang yang terpasang pada mesin pembakaran dalam yang berfungsi pada pembakaran mesin yang telah terkompres oleh piston. Busi yang bermasalah terlihat dari bentuk kepalanya yang rusak dan renggang. Jika terjadi kerusakan, kita perlu untuk mengganti seluruh komponen busi.

 

  1. Sistem injeksi (untuk mobil yang memiliki sistem injeksi).

Komponen yang satu ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder mesin. Penyebab sistem injeksi bermasalah biasanya dikarenakan ada kotoran yang menyumbat.

 

  1. Karburator.

Fungsi karburator hampir sama dengan sistem injeksi, yaitu mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder mesin. Bagian karburator yang sering bermasalah adalah pada bagian katupnya. Katup yang terlalu tinggi akan mengakibatkan tidak tertutupnya karburator secara sempurna sehingga suplay bahan bakar ke dalam silinder akan melebihi dan menyebabkan banjir. Untuk itu ada baiknya untuk memperhatikan saat pengisian bahan bakar, karena terkadang ada bahan bakar atau bensin yang kotor sehingga memicu mobil bermasalah.

 

  1. Kaki mobil.

Komponen satu ini menghubungkan antara sasis dengan roda serta bagian lainnya dan berfungsi untuk pengendali mobil. Kaki mobil yang bermasalah akan mengganggu kenyamanan perjalanan. Jika mendapati suara gemuruh saat melewati jalanan yang tidak rata, kemungkinan ada bagian kaki mobil yang bermasalah. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara mendongkrak roda mobil bagian depan, kemudian menggoyangkan roda ke atas dan ke bawah, lalu di seting secara perlahan. Jika menimbulkan suara gemuruh, maka pada ball joint mengalami masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *