4 Tips Aman Ini Supaya Tetap Nyaman Meski Menyetir Saat Hujan

Cermat saat mengemudi membantu Anda menikmati perjalanan yang berkualitas di berbagai medan dan kondisi cuaca. Tatkala Anda harus mengemudikan mobil di tengah guyuran hujan pastikan paham tindakan aman selama mengemudi tersebut. Pasalnya ketika cuaca tidak terlalu bagus yakni ketika hujan turun lumayan sampai sangat lebat resiko kecelakaan mengalami peningkatan. Usahakan untuk mengemudi dengan aman supaya bisa sampai di lokasi tujuan dengan selamat, hujan pun bisa dengan mudah ditaklukkan tanpa kesulitan yang berarti.

Hanya saja tidak sedikit yang masih bingung menjaga keamanan dan keselamatan selama mengemudi di tengah hujan. Apakah Anda juga sama? Kalau iya, pertimbangkan untuk menyimak beberapa tips aman berkendara pada saat hujan berikut ini:

  • Mobil sudah dipastikan dalam kondisi prima,

Menjalankan mobil di tengah guyuran hujan tentu bukan tindakan tanpa resiko yang ada malah sebaliknya. Maka minimnya resiko tersebut dengan mencoba memastikan mobil dalam kondisi yang prima supaya tidak rusak di tengah perjalanan. Pastikan mesin dalam kondisi baik, wiper, kaca mobil, dan lain sebagainya sehingga perjalanan terasa aman meski diguyur hujan yang tidak ada tanda akan berhenti.

  • Kurangi kecepatan mobil Anda,

Demi perlindungan keselamatan selama mengemudi di tengah hujan maka penting sekali untuk menurunkan kecepatan. Biarlah lambat yang terpenting biasa selamat sampai ke tujuan meski hujan lumayan deras. Selain mengurangi kecepatan supaya tidak mudah terpeleset dan membentur pengguna jalan lain, baiknya hindari pula cruise control. Fitur ini memang membantu mobil melaju dengan nyaman tanpa kendali Anda pada kemudi namun menjadi berbahaya kalau diaktifkan saat hujan.

  • Berikan jarak aman lebih panjang,

Berhubung hujan tidak juga akan reda maka mau tidak mau Anda harus tetap menyetir supaya bisa sampai di tujuan tanpa resiko kemalaman ataupun terjebak kemacetan di jam sibuk. Supaya tetap aman pastikan mengatur jarak aman, jika selama ini mengatur sekian meter maka ketika hujan tambah beberapa meter lagi agar jaraknya agak jauhan. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan beruntun di tengah hujan karena pengemudi kerap mengeluhkan minimnya jarak pandang. Kalau jarak Anda aman besar kemungkinan selamat dari kecelakaan yang terjadi.

  • Putuskan berhenti saat hujan terlalu lebat,

Sesekali cobalah berkompromi dengan yang namanya cuaca sebab tidak semua hal bisa dipaksakan untuk dilawan. Hujan menjadi salah satunya, apabila hujan semakin deras dan benar-benar jarak pandang menjadi sangat minim. Pilihan paling aman tentu saja menepi sejenak supaya bisa menunggu hujan reda dan menghindari kemungkinan mobil macet terguyur dan terendam air hujan di jalan. Resiko kecelakaan semakin tinggi kalau hujan super deras diputuskan diterobos, padahal keselamatan Anda adalah yang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *